Hadits Bahwa Amal Akan Menyertai Kematian, sedangkan Harta dan Keluarga Tidak

Posting Komentar

Amal yang Akan Menyertai Kematian, Sedangkan Harta dan Keluarga Tidak

Betapa banyak orang yang merisaukan masalah harta sehingga lupa akhirat, padahal harta tidak akan ikut (kecuali amal jariyah), sedangkan amal kebaikan akan menyinari selama di alam kubur.

Harta dikumpulkan hingga melimpah ruah yang menjadikan seseorang sombong sampai lupa pada Zat Yang Memberikan harta tersebut pada dirinya.

Hadits ini menjelaskan bahwa sesungguhnya yang akan menyertai kematian kelak adalah amal, sedangkan harta dan keluarga akan meninggalkan dirinya.

حَدَّثَنَا الْحُمَيْدِيُّ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ أَبِي بَكْرِ بْنِ عَمْرِو بْنِ حَزْمٍ سَمِعَ أَنَسَ بْنَ مَالِكٍ يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتْبَعُ الْمَيِّتَ ثَلَاثَةٌ فَيَرْجِعُ اثْنَانِ وَيَبْقَى مَعَهُ وَاحِدٌ يَتْبَعُهُ أَهْلُهُ وَمَالُهُ وَعَمَلُهُ فَيَرْجِعُ أَهْلُهُ وَمَالُهُ وَيَبْقَى عَمَلُهُ
Telah menceritakan kepada kami Al Humaidi telah menceritakan kepada kami Sufyan telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Abu Bakar bin Amru bin Hazm ia mendengar Anas bin Malik menuturkan, Rasulullah Shallallahu'alaihiwasallam bersabda:

"Mayyit diiringi tiga hal, yang dua akan kembali sedang yang satu terus menyertainya, ia diiringi oleh keluarganya, hartanya dan amalnya. Harta dan keluarganya akan kembali, sedang amalnya akan terus tetap bersamanya."
(Hadits Shahih Al-Bukhari No. 6033)

Related Posts

Posting Komentar