Dalil Ayat Al-Qur'an yang Menjelaskan Keharaman Riba dan Pelaku Riba seperti 'Orang Gila'

Posting Komentar

Ayat al-Qur'an yang Mengharamkan Riba

Riba merupakan salah satu perilaku jahiliyah yang begitu mendarah daging sehingga Rasulullah dan para sahabat bekerja begitu keras memahamkan kepada bangsa Arab Quraisy dan sekitarnya.

Dalam Islam, riba merupakan dosa besar yang pelakunya diancam dengan an-Naar. Namun sayang sekali, hari ini banyak yang 'menghalalkan' riba atau membenarkan riba dengan alasan kepepet dan sebagainya.

Itulah riba, orang-orang yang mengambilnya diibaratkan seperti orang gila karena 'kesetanan' akibat riba. Keharaman riba juga sudah jelas, sedikit maupun banyaknya.

الَّذِينَ يَأْكُلُونَ الرِّبَا لَا يَقُومُونَ إِلَّا كَمَا يَقُومُ الَّذِي يَتَخَبَّطُهُ الشَّيْطَانُ مِنَ الْمَسِّ ۚ ذَٰلِكَ بِأَنَّهُمْ قَالُوا إِنَّمَا الْبَيْعُ مِثْلُ الرِّبَا ۗ وَأَحَلَّ اللَّهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبَا ۚ فَمَنْ جَاءَهُ مَوْعِظَةٌ مِنْ رَبِّهِ فَانْتَهَىٰ فَلَهُ مَا سَلَفَ وَأَمْرُهُ إِلَى اللَّهِ ۖ وَمَنْ عَادَ فَأُولَٰئِكَ أَصْحَابُ النَّارِ ۖ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ
Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan lantaran (tekanan) penyakit gila. Keadaan mereka yang demikian itu, adalah disebabkan mereka berkata (berpendapat), sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba, padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba.

Orang-orang yang telah sampai kepadanya larangan dari Tuhannya, lalu terus berhenti (dari mengambil riba), maka baginya apa yang telah diambilnya dahulu (sebelum datang larangan); dan urusannya (terserah) kepada Allah. Orang yang kembali (mengambil riba), maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.
(TQS al-Baqarah ayat 275)

Related Posts

Posting Komentar