Ayat al-Qur'an Bahwa Kematian tidak Bisa Ditolak, Dimundurkan, maupun Dipercepat

Posting Komentar

Kematian Tidak Bisa Ditolak dan Pasti Terjadi

Banyak orang yang saat mendapatkan ujian atau cobaan, merasa "ingin mati saja". Di satu sisi, ada juga orang yang merasa hidup selamanya dan sepuas-puasnya tanpa memperdulikan nasib setelah kematian.

Bukankah yang namanya kematian itu tidak bisa ditolak? Kematian itu tidak bisa dimundurkan? Kematian itu tidak bisa dipercepat?

Apa ayat al-Qur'an yang menyatakan bahwa kematian tidak bisa dimundurkan maupun dipercepat walau sedetikpun?


الَّذِي خَلَقَ الْمَوْتَ وَالْحَيَاةَ لِيَبْلُوَكُمْ أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلًا ۚ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْغَفُورُ
Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun,
(TQS al-Mulk ayat 2)

أَيْنَمَا تَكُونُوا يُدْرِكْكُمُ الْمَوْتُ وَلَوْ كُنْتُمْ فِي بُرُوجٍ مُشَيَّدَةٍ ۗ وَإِنْ تُصِبْهُمْ حَسَنَةٌ يَقُولُوا هَٰذِهِ مِنْ عِنْدِ اللَّهِ ۖ وَإِنْ تُصِبْهُمْ سَيِّئَةٌ يَقُولُوا هَٰذِهِ مِنْ عِنْدِكَ ۚ قُلْ كُلٌّ مِنْ عِنْدِ اللَّهِ ۖ فَمَالِ هَٰؤُلَاءِ الْقَوْمِ لَا يَكَادُونَ يَفْقَهُونَ حَدِيثًا
Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh, dan jika mereka memperoleh kebaikan, mereka mengatakan: "Ini adalah dari sisi Allah", dan kalau mereka ditimpa sesuatu bencana mereka mengatakan: "Ini (datangnya) dari sisi kamu (Muhammad)". Katakanlah: "Semuanya (datang) dari sisi Allah". Maka mengapa orang-orang itu (orang munafik) hampir-hampir tidak memahami pembicaraan sedikitpun?
(TQS an-Nisa ayat 78)

Related Posts

Posting Komentar