Apa Hukum Pacaran dalam Islam? Berikut adalah 7 Dosa Pacaran

Posting Komentar

Dosa Pacaran dalam Islam

Pacaran adalah salah satu aktivitas yang hari ini sudah 'lazim' di kalangan remaja. Mengapa lazim? Karena dianggap boleh, bahkan menurut sebagian orang bermanfaat.

hukum pacaran dalam islam, dosa pacaran, ayat pacaran
Padahal, Islam jelas memandang bahwa pacaran adalah perbuatan buruk, bahkan terdapat 7 dosa dalam pacaran ini. Silakan tonton video berikut ini:


Apa saja dosa pacaran?

1. Khalwat

Khalwat adalah aktivitas berdua-duaan antara laki-laki dan perempuan yang bukan mahram.

“Jangan sekali-kali seorang lak-laki menyendiri (khalwat) dengan wanita kecuali ada mahramnya. Dan janganlah seorang wanita bepergian kecuali bersama mahramnya,” (HR Bukhori, Muslim, Ahmad, Ibnu Majah, Tabrani, Baihaqi dan lain-lain).

“Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir, maka jangan sekali-kali dia bersendirian dengan seorang perempuan yang tidak bersama mahramnya, karena yang ketiganya ialah syaitan,” (Riwayat Ahmad).

2. Ikhtilath

Ikhtilat adalah campur baur, interaksi antara laki-laki dan perempuan yang bukan mahram walapun tidak berdua-duaan, namun melakukan interaksi yang tidak syar'i.

3. Pandangan liar

Seringkali pasangan yang pacaran berusaha untuk menampilkan penampilan yang disukai masing-masing, walaupun itu membuka aurat.

Analogi sederhananya, paha ayam saja dihargai Rp.10.000, ini paha seorang muslimah diberikan secara gratis? Naudzubillah.

4. Bersentuhan dengan syahwat

Seringkali pasangan yang pacaran berpegangan tangan, pelukan, membelai rambut, bahkan berciuman. Jelas ini merupakan perbuatan haram.

5. Chatting yang tidak syar'i

Ada yang bertanya, bagaimana hukumnya jika pacaran sekedar chatting? Chatting antara laki-laki dan perempuan hukum asalnya tidak boleh, kecuali jika itu adalah hal-hal yang sifatnya umum

6. Pikiran liar

Seringkali seseorang memikirkan pacarnya, melamunin dan melihat foto di hp nya, bahkan berhayal berzina dengannya. Jelas dalam Islam ini sangat menodai kesucian hati dan pikiran.

7. Zina

Zina merupakan salah satu dosa besar yang ganjarannya di dunia sangat keras, yaitu dicambuk 100 kali jika belum pernah menikah, dan dirajam hingga mati jika sudah pernah menikah / jima'.

الزَّانِيَةُ وَالزَّانِي فَاجْلِدُوا كُلَّ وَاحِدٍ مِنْهُمَا مِائَةَ جَلْدَةٍ ۖ وَلَا تَأْخُذْكُمْ بِهِمَا رَأْفَةٌ فِي دِينِ اللَّهِ إِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ ۖ وَلْيَشْهَدْ عَذَابَهُمَا طَائِفَةٌ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ

"Perempuan yang berzina dan laki-laki yang berzina, maka deralah tiap-tiap seorang dari keduanya seratus dali dera, dan janganlah belas kasihan kepada keduanya mencegah kamu untuk (menjalankan) agama Allah, jika kamu beriman kepada Allah, dan hari akhirat, dan hendaklah (pelaksanaan) hukuman mereka disaksikan oleh sekumpulan orang-orang yang beriman."
(TQS an-Nur: 2)

Namun tentu saja, pelaksanaan hudud ini bukan sembarang orang bisa melakukannya, karena saat ini tidak ada satupun negara yang menerapkan Islam.

Hanya khalifah atau orang yang diberikan hak oleh khalifah dalam sistem Islam yang mampu untuk menjalankan hukum tersebut.

Yuk jauhkan generasi remaja ini dari aktivitas pacaran ini.

Related Posts

Posting Komentar